Selasa, 22 Desember 2020

5 Trik Fotografi dengan Kamera Smartphone

OPPO A11K menjadi smartphone keluaran terbaru dalam series A pada produk Oppo. Harga tipe A11K cukup terjangkau dengan dual kamera yang memanjakan penggunanya. Era digitalisasi saat ini, foto dan video menjadi hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Kamera handphone menjadi alat paling mudah untuk merekam setiap momen kebersamaan yang indah yang mengesankan.


Ada kebanggan tersendiri saat berhasil membidik kamera dan menghasilkan jepretan foto yang bagus. Apalagi dengan kamera handphone yang mudah dioperasikan dan praktis dibawa kemana saja. Agar mendapatkan hasil foto pada smartphone jadi lebih sempurna, ada beberapa trik yang dapat dipelajari.


Trik Fotografi Smartphone


Berikut 5 trik fotografi yang mudah dilakukan dengan handphone Anda:


1.      Komposisi Rule of Thirds

Hal penting untuk membuat hasil foto lebih bagus adalah komponen dalam foto tersebut. Selalu gunakan komposisi Rule of Thirds agar dapat membuat objek berada di tengah dan terlihat secara natural.

 

Rule of Thirds ini adalah komposisi untuk membagi frame menjadi tiga tempat yang sama besar baik berbentuk horizontal ataupun vertikal. Pembagian tersebut biasanya berbentuk garis-garis yang membentuk kotak sebanyak 9 pada kamera smartphone Anda. Saat hendak membidik foto, pastikan objek berada di tengah frame agar lebih menarik.

 

2.      Tidak mengambil jarak terlalu jauh dengan objek

Usahakan untuk selalu mendekat pada objek yang akan diabadikan. Meskipun smartphone memiliki fitur zoom otomatis, namun akan menyebabkan resolusi foto menurun. Agar lebih ciamik, gunakanlah zoom manual dengan mendekat pada objek sesuai dengan kebutuhan foto.

 

3.      Mencari cahaya yang cukup

Cahaya menjadi hal krusial saat hendak mengabadikan momen. Pastikan sebelum memotret cahaya pada objek foto cukup, yang berarti tidak terlalu gelap atau terlalu terang. Memang ada fitur ISO untuk meningkatkan intensitas cahaya, namun jika cahaya asli terlalu gelap akan membuat foto memiliki bintik-bintik dan terlihat buram atau sering disebut noise. Perhatikan cahaya yang pas di sekeliling Anda, seperti cahaya lampu atau sinar matahari untuk menghasilkan cahaya yang alami.

 

4.      Minimalisir getaran

Hal yang membedakan kamera handphone dengan kamera DSLR adalah pada fitur Image Stabilizer (IS). Ada beberapa kamera HP yang menggunakan fitur IS tersebut namun tidak terlalu optimal. Hal ini mengakibatkan foto dengan kamera handphone lebih rawan kabur atau tidak stabil. Namun jangan khawatir, Anda dapat berlatih untuk membawa HP dengan stabil saat hendak memotret. Caranya adalah mendekatkan kamera ke dada Anda agar dapat menopang dan meminimalisir getaran.

 

Oppo A11K memiliki kamera utama dengan resolusi ganda, yakni 13 MP + 2 MP. Tak hanya itu, kamera depan untuk selfie memiliki resolusi sebanyak 5 MP. Resolusi kamera tersebut terbilang bagus namun Anda harus tetap meminimalisir getaran saat mengambil foto. Menggunakan alat bantu untuk membuat hp lebih stabil juga disarankan, seperti tripod atau self timer dengan bantuan objek di sekitar.

 

5.      Gunakan fitur HDR dengan tepat

High Dynamic Range atau HDR ialah fitur pengaturan tingkat pencahayaan menjadi lebih dinamis. Saat fitur HDR dinyalakan, maka Anda akan mendapatkan pencahayaan yang dibutuhkan objek. Bagi Anda yang tertarik dengan fotografi namun masih tergolong pemula, fitur HDR akan memudahkan menghasilkan foto yang baik.


Trik-trik di atas adalah 5 cara paling dasar untuk memahami fotografi menggunakan kamera smartphone. Cobalah menerapkannya saat memiliki rencana untuk memotret objek agar kemampuan fotografi Anda semakin meningkat. Selain itu, pahami juga kemampuan dan spesifikasi smartphone kesayangan Anda agar dapat mengenalinya lebih baik. Seperti pada OPPO A11K yang dapat memiliki kamera ganda yang berpeluang menjadikan foto lebih jernih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar