Rabu, 21 Oktober 2020

Daring Menjadi Cara Baru Dalam Beraktifitas

Melakukan aktifitas secara online sudah hampir menjadi kewajiban akhir akhir ini, bahkan ada pula yang melaksanakan nikah online demi mencegah penyebaran covid-19.  Hampir seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia terkena dampak dari pandemi penyebaran virus covid-19. Berbagai usaha pencegahan pun telah dilakukan dari menutup pusat perbelanjaan, menghentikan kegiatan perkantoran, juga merumahkan kegiatan pembelajaran di sekolah dan tempat lainnya, termasuk juga memakai masker dan membawa hand sanitizer.


Akan tetapi aktifitas tidak boleh berhenti sampai disitu, walaupun Indonesia terkenda dampak pandemi aktifitas harus terus berjalan, maka dari itu media internet menjadi opsi utama yang paling efektif saat ini. Pembelajaran menjadi online learning, pekerjaan menjadi work from home karena beberapa daerah yang menerapkan PSBB (pembatasan social berskala besar).  Ada beberapa kelebihan juga kekurangan yang timbul dan harus diperhatikan  dari fenomena daring tersebut. Maka dari itu pemerintah harus menganalisa kelebihan sehingga dapat memaksimalkannya, dan kekurangan agar bisa menutupinya. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari fenomena daring ?


Kekurangan


1.     Akses Internet Yang Terbatas


Online membutuhkan internet sebagai penghubungnya, apabila tinggal di perkotaan yang memiliki akses internet baik hal tersebut tidak menjadi masalah, akan tetapi untuk penduduk yang tinggal di daerah yang memiliki akses internet yang sulit akan terhambat dalam menerima informasi yang diberikan.


2.     Membutuhkan Biaya Yang Tidak Murah


Wifi menjadi solusi utama dalam melakukan pembelajaran daring, anda cukup membayar paketan yang ditawarkan kemudian anda sudah dapat mengakses internet tanpa batas. Akan tetapi wifi tidak dapat dijangkau oleh semua daerah. Untuk daerah yang tidak terjangkau mereka membutuhkan kuota sebagai gantinya, kuota yang dibutuhkan untuk melakukan video call lebih banyak daripada telfon dan akses internet biasa. Maka dari itu ini juga menjadi salah satu hambatan utama dalam melakukan aktifitas secara online.


3.     Tidak Dapat Praktek Langsung


Pada beberapa kegiatan seperti olahraga, ini akan cukup sulit untuk dilakukan. Pasalnya pelajaran olahraga yang diajarkan disekolah banyak yang membutuhkan kerja sama tim seperti bermain bola, basket, dan serangkaian aktifitas lain yang membutuhkan medan dan peralatan khusus. Maka dari itu pelajaran olah raga menjadi sangat sulit untuk diajarkan.


Kelebihan


1.     Hemat Waktu


Waktu yang dilakukan pada saat proses pembelajaran atau kerjaan yang dilakukan secara online menjadi lebih sedikit. Biasanya orang akan menghabiskan waktu beberapa menit hingga jam untuk perjalanan pulang dan pergi mereka. Pada saat aktifitas ini dilakukan secara online mereka akan dengan mudah mengakses kegiatan tersebut dari rumah masing masing.


2.     Mencegah Tertularnya Virus


Ini adalah hal yang paling penting, dengan berkurangnya intensitas tatapmuka dan interaksi antar manusia, penyebaran viruspun akan makin sulit. Sehingga seharusnya penyebaran virus tersebut akan segera berhenti.


3.     Sadar Teknologi


Dengan adanya fenomena daring tersebut, mau tidak mau orang yang sebelumnya tidak aware akan teknologi akan mencobanya. Maka dari itu saat ini semakin banyak orang yang sadar akan internet dan apa yang bisa dilakukan dengannya, dan ini adalah hal positif bagi rakyat Indonesia. Tentunya hal ini juga berbanding lurus dengan bimbingan orang-orang terdekat.


Masih banyak lagi kelebihan dan kekurangan yang dihasilkan dari fenomena daring ini, karena hal ini adalah hal yang baru terjadi di masyarakat Indonesia. Dengan analisa yang baik Negara bisa memaksimalkan kelebihan dan menutupi kekurangan yang terjadi. Maka dari itu mulai sekarang mulai biasakan diri anda dengan online learning, agar dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar